Pengertian dan Contoh Komunikasi Interpersonal (Antarpribadi)

Ketika berinteraksi dengan orang lain, tanpa disadari kita melakukan banyak model komunikasi. Salah satunya komunikasi interpersonal atau dikenal sebagai komunikasi antarpribadi. Ini merupakan gaya komunikasi yang paling sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau begitu, komunikasi antarpribadi itu seperti apa? Mari kita bahas.

Apa Itu Komunikasi Interpersonal?

Komunikasi interpersonal (antarpribadi) merupakan komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, baik secara tatap muka atau melalui telepon. Dalam komunikasi antarpribadi, setiap orang bisa langsung menerima respon dari lawan bicara.

Komunikasi interpersonal juga disebut sebagai metode komunikasi paling efektif. Sebab komunikasi seperti ini mampu mengubah sikap, pendapat serta perilaku orang lain.

Contoh Komunikasi Interpersonal

Sebagai model komunikasi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contoh komunikasi interpersonal bisa kita bagi berdasarkan ruang lingkupnya, antara lain:

1. Keluarga

Interaksi antara orangtua dan anak atau antar saudara merupakan contoh paling umum dalam keluarga. Bentuknya pun beragam, bisa berupa pemberian nasehat kepada anak, pembicaraan santai hingga membantu kakak atau adik mengerjakan tugas tertentu.

2. Masyarakat

Contoh komunikasi interpersonal di masyarakat yang paling umum terlihat dari sikap saling sapa, saling membantu jika mengalami kesulitan, menyelesaikan masalah bersama hingga menghargai keragaman.

3. Sekolah

Selain di rumah dan bersama tetangga, komunikasi antarpribadi juga bisa berlangsung di lingkungan sekolah atau kampus. Misalnya antara guru dan murid atau dengan sesama teman sekelas.

4. Pekerjaan

Ketika dalam pekerjaan, komunikasi antarpribadi juga terjadi antara atasan dan bawahan. Biasanya dalam bentuk pengarahan, pembagian tugas dan lainnya. Selain itu, interaksi dengan teman kerja juga termasuk komunikasi interpersonal.

5. Layanan Publik

Meski cakupannya cukup luas, komunikasi interpersonal di publik bisa kita temukan pada bidang pekerjaan tertentu, misalnya komunikasi antara dokter dan pasien atau atau pelanggan dan petugas layanan masyarakat.

Ciri Komunikasi Interpersonal yang Efektif

Walaupun terlihat mudah dan dekat dengan keseharian kita, komunikasi interpersonal dikatakan efektif jika menunjukkan ciri-ciri tertentu, seperti:

  • Timbal Balik: Adanya aksi dan reaksi dari orang-orang yang terlibat.
  • Langsung: Komunikasi terjadi secara tatap muka atau media komunikasi lainnya.
  • Pribadi: Pesan yang disampaikan bersifat personal.
  • Spontan: Komunikasi yang berlangsung dapat terjadi secara spontan.

Alasan Pentingnya Komunikasi Interpersonal

Bisa melakukan komunikasi interpersonal secara efektif adalah kemampuan yang harus dipelajari, karena akan membantu kita dalam banyak hal, misalnya:

Memecahkan Masalah

Ketika kita menemukan masalah, kita bisa mencari jalan keluar atau solusi terbaik secara bersama-sama. Dengan adanya komunikasi yang baik, kita juga bisa melihat suatu masalah dari banyak sisi. Sehingga bisa mengambil sikap yang tepat.

Mengembangkan Diri

Dengan mempelajari komunikasi interpersonal, kita dapat belajar banyak hal dari orang lain. Dengan begitu, kita bisa memperluas wawasan, mendapatkan banyak perspektif baru, dan mengembangkan diri jadi pribadi yang lebih baik.

Kemampuan ini juga bisa kita latih dengan mengikuti ekstrakurikuler SMA. Karena di lingkup tersebut kita akan bertemu banyak orang, dan menemukan tantangan baru yang bisa diselesaikan dengan komunikasi interpersonal yang baik.

Mencegah Konflik

Komunikasi yang buruk seringkali menjadi penyebab banyak masalah dan konflik. Maka dari itu, kita perlu belajar bagaimana komunikasi interpersonal yang baik dan efektif. Sehingga kita bisa terhindar dari komunikasi yang buruk serta konflik yang merugikan banyak orang.

Itulah penjelasan singkat mengenai komunikasi interpersonal beserta contohnya. Dengan memahami komunikasi ini, kita akan lebih mudah berkomunikasi serta berinteraksi dengan orang lain di kehidupan sehari-hari. Komunikasi yang baik juga akan menghindarkan kita dari masalah dan konflik yang merugikan.

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp